Tahukah Anda? Bahwa Karya Pertama Intel, Mempunyai Nama Chip Memori 1101

Adidas Poker – 49 tahun lalu, perusahaan semikonduktor Intel, didirikan Robert Noyce dan Gordon Moore, yang keduanya meninggalkan pekerjaannya dari Fairchild Semiconductor.

Noyce, kala itu menjabat sebagai General Manager Fairchild Semiconductor, sedangkan Moore, mengepalai divisi Riset dan Pengembangan Fairchild Semiconductor.

Awal pendirian, nama perusahaan belum menggunakan nama Intel. Nama awalnya adalah NM Electronics, yang merupakan kepanjangan dari kedua pendiri, Noyce dan Moore.

Kemudian keduanya sepakat, untuk membeli nama Intel dari perusahaan bernama Intelco. Intel merupakan akronim dari Integrated Electronics, selain itu nama Intel juga diasosiasikan dengan ‘intelligence’.

Laman Britannica menuliskan, berdirinya Intel, berbeda dengan perusahaan rintisan bisnis teknologi, dari Silicon Valley lainnya. Umumnya, perusahaan Silicon Valley, memulai inovasinya dari garasi rumah sederhana, dengan dukungan dana yang cekak, namun Intel berbeda.

Perusahaan semikonduktor ini, awal kelahirannya sudah mendapatkan suntikan dana segar, dari pemodal ventura Amerika Serikat, Author Rock. Dia menginvestasikan US$ 10 ribu, dan makin meningkatkan suntikan menjadi US$ 2,5 juta, untuk melahirkan Intel. Sebagai kompensasi, Rock didapuk menjadi Chairman pertama Intel.

Pada awal pendirian, duo Noyce dan Moore, merekrut karyawan Fairchild lainnya, Andrew Grove. Mereka bertiga, menggawangi Intel. Selama tiga dekade pertama menjalankan Intel, Noyce, Moore dan Grove, menjalankan peran sebagai chairman dan chief executive officer (CEO) Intel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *